Pages

Wednesday, September 26, 2018

[Cek Fakta] Semangka yang Berongga Berbahaya untuk Dimakan?

Retak atau rongga pada daging buah semangka biasa disebut hollow heart. Bentuk hollow heart dapat bervariasi bahkan ada yang terlihat seperti dipahat.

Menurut aturan inspeksi dari Departemen Pertanian AS, hollow heart pada semangka disebabkan oleh pertumbuhan buah yang sangat cepat yang biasanya terjadi pada musim hujan. Walaupun semangka ukuran besar cenderung lebih mudah mengalaminya, hollow heart juga dapat menyerang semangka berukuran kecil.

Dalam penelitiannya, Gordon Johnson, seorang Extension Eruit & Vegetable specialist dari University of Delaware, menyatakan bahwa penyebab adanya hollow heart pada semangka berhubungan dengan fase penyerbukan atau polinasi. Hormon tumbuhan memegang peran penting dalam hal ini.

Menurutnya, penyerbukan yang tidak baik dapat mengurangi produksi hormon tumbuhan yang mengontrol perkembangan jaringan pada semangka yang berujung pada hollow heart. Penyebab lainnya adalah cuaca yang dingin dan musim penghujan yang dapat mengurangi kinerja lebah dalam proses penyerbukan.

Karena hollow heart pada semangka bukanlah penyakit, melainkan kegagalan dalam proses pertumbuhannya, semangka yang terkena hollow heart dinyatakan aman untuk dimakan.

Forchlorfenuron

Forchlorfenuron adalah salah satu jenis sitokinin, atau sekelompok hormon tumbuhan dan zat pengatur tumbuh yang mendorong terjadinya pembelahan sel (sitokinesis) pada tanaman. 

Dalam klaim di atas, EPA menyatakan bahwa forchlorfenuron bersifat sitotoksik dan berbahaya bagi kesehatan. Padahal dari hasil penelusuran, ditemukan factsheet dari EPA yang melegalkan penggunaan forchlorfenuron di Amerika Serikat pada buah anggur dan kiwi.

Menurut factsheet EPA tersebut, penggunaan forchlorfenuron tidak berbahaya baik untuk lingkungan, hewan maupun manusia. Namun ditemukan beberapa efek samping yang ditemukan dalam studi pada hewan antara lain meningkatnya kerontokan rambut dan mortalitas hewan kanak-kanak, serta berkurangnya berat saat lahir dan ukuran kotoran.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Q3bmSm

No comments:

Post a Comment