Pages

Sunday, January 6, 2019

Aktivitas Vulkanik 9 Gunung Api Ini Ganggu Jalur Penerbangan

Liputan6.com, Jakarta Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menyatakan sembilan gunung api di Indonesia telah mengganggu jalur penerbangan. Hal itu disebabkan aktivitas vulkanologi berupa kolom abu dampak erupsi yang cukup tinggi.

Menurut Kepala PVMBG Badan Geologi Kasbani, ketinggian kolom abu vulaknik erupsi gunung api bervariasi yaitu dari 1.600-8.000 meter di atas permukaan laut. Tingginya kolom abu yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan kata Kasbani, telah dikirimkan melalui surat elektronik (e-mail) volcano observatory notice for aviation (VONA).

"Disampaikan melalui email VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) dengan menggunakan aplikasi MAGMA Indonesia ke stakeholders nasional maupun internasional seperti Dirjen Perhubungan Udara-Kemenhub, BMKG, Air Nav, Air Traffic Control, Airlines, VAAC Darwin, VAAC Tokyo, dan lain-lainnya," kata Kasbani dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Minggu (6/1/2019).

Kasbani menyebutkan VONA terakhir yang terkirim yaitu untuk Gunung Sinabung. Kasbani mengatakan VONA terakhir untuk gunung api yang terletak di Sumatera Utara itu, terkirim kode warna orange. Diterbitkan pada tanggal 22 Juni 2018 pukul 09.14 WIB, terkait letusan dengan ketinggian kolom abu sekitar 3460 meter di atas permukaan laut atau sekitar 1000 meter di atas puncak, angin bertiup ke arah Barat-Selatan.

Selain itu, VONA kode warna orange Gunung Agung di Bali, dikirmkan PVMBG Badan Geologi sejak tanggal 27 Juli 2018 pukul 14.27 WITA. Pengiriman VONA itu terkait erupsi dengan ketinggian kolom abu 5142 meter di atas permukaan laut atau sekitar 2.000 meter di atas puncak, angin bertiup ke arah Barat.

"Untuk Gunung Soputan, Sulawesi Utara, VONA terkirim kode warna red, terbit tanggal 16 Desember 2018 pukul 05.54 WITA, terkait erupsi dengan ketinggian kolom abu maksimum 8809 meter di atas permukaan laut atau sekitar 7.000 meter di atas puncak," ujar Kasbani.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping http://bit.ly/2QsBrKf

No comments:

Post a Comment