Pages

Wednesday, April 3, 2019

Muncul di Komik 'Tintin di Jakarta', Begini Penampakan Menara ATC Kemayoran Kini

Seorang pengguna Twitter @ndorokakung mengunggah sebuah foto tentang penemuan Menara ATC Kemayoran oleh @IraLathief. Ternyata bangunan ini masih berdiri kokoh dari tahun 1940.

"Waaah...menara ATC di komik Tintin itu ternyata masih ada di hutan Kemayoran. Mbak @IraLathief menemukannya," tulis akun Twitter @ndorokakung yang diunggah pada Selasa (2/4/2019).

Ya, menara ATC Kemayoran memang nyata adanya di Jakarta. Dalam sejarahnya, pada 6 Juli 1940 pesawat jenis DC-3 Dakota mendarat di Bandara Kemayoran.

Pesawat tersebut merupakan milik perusahaan Hindia Belanda, Koningkelije Nederlands Indische Luchtvaart Maatschapij (KNILM). DC-03 memulai penerbangan awal dari Lapangan Terbang Cililitan dan mendarat di Kemayoran.

Berawal dari penerbangan itu, merupakan pertanda Bandara Kemayoran sudah mulai beroperasi. Setelah mendarat di Kemayoran, pesawat jenis DC-3 beregistrasi PK-AJW itu bertolak ke Australia sehari kemudian.

Setelah saat itu, bandara ini melayani penerbangan di seluruh Hindia belanda, Asia Tenggara, dan Australia. Berbagai pesawat tipe Dakota dan Douglas digunakan untuk melayani jalur ini.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2UsDnZm

No comments:

Post a Comment