Pages

Wednesday, April 3, 2019

Selain Polusi Udara, Kenali 5 Hal Ini yang Sebabkan Jerawat di Muka

Apa pun yang dapat menahan keringat, bakteri di kulit, dan menyumbat pori-pori kulit, dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Contohnya topi yang terlalu ketat, ikat kepala, dan sebagainya.

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah, jangan gunakan topi atau ikat kepala pada saat berolahraga atau saat berkeringat. Jika harus digunakan, longgarkan tali atau ikatan agar tidak terlalu ketat dan sempit di kepala.

4. Memakan Bahan Makanan Tertentu

Tomat dan paprika ternyata mengandung likopen asam yang dapat menghilangkan tingkat pH kulit dan memicu timbulnya jerawat di sekitar mulut.

Namun, bukan hanya makanan pedas yang dapat membuat iritasi pada kulit. Beberapa orang bahkan menunjukkan alergi terhadap produk susu, gluten, dan jenis makanan lainnya.

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah, buat janji temu dengan dokter kulit atau dokter spesialis gastroenterologi. Janji temu dilakukan jika masalah pada wajah bertambah buruk.

Hal itu untuk menyetahui penyebab utama dari munculnya masalah pada wajah, atau ada masalah yang lebih serius pada sistem percernaan.

5. Sering Menyentuh Wajah

Kecenderungan untuk menyentuh wajah dengan tangan dapat memperparah masalah jerawat yang timbul. Hal ini memang sangat sulit untuk tidak dilakukan.

Terlebih, berbagai kebiasaan buruk yang sering dilakukan pada saat menyentuh wajah. Contohnya, menekan gumpalan minyak yang tersumbat pada wajah, mengeluarkan nanah dari pori-pori wajah, ataupun menopang dagu di tangan pada saat kamu duduk.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu berisiko untuk mendorong bakteri masuk ke dalam kulit wajah dan memperparah iritasi kulit.

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah, biasakan dirimu untuk tidak menyentuh wajah ketika tidak perlu ataupun menopang dagu ketika duduk.

Dengan tidak menyentuh wajah, jerawat yang ada pada wajah akan sembuh dengan sendirinya dan mencegah masalah lain timbul pada wajah.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini.

Remaja puber biasanya memiliki banyak masalah kulit wajah terutama jerawat.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2VewRTe

No comments:

Post a Comment