Pages

Friday, May 3, 2019

Harga Telur dan Bawang Putih Naik Jelang Ramadan

Liputan6.com, Surabaya - Beberapa hari jelang Ramadan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan sidak di pasar Pahing, Kediri, Jawa Timur. Sidak dipimpin langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Jumat ( 3/5/2019) pagi. 

Dalam sidak tersebut, Khofifah Indar Parawansa didampingi Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar serta sejumlah satker terkait, yang membidangi perekonomian.

Satu per satu, Khofifah dengan telaten mendatangi pelapak para pedagang. Ia kemudian, mengajak komunikasi sejumlah pedagang bertanya secara langsung terkait harga kebutuhan pokok.

Hasil dari sidak yang dilakukan diketahui ada beberapa komoditas sayuran yang mengalami kelangkaan stok di antaranya bawang putih.

"Untuk melihat harga pokok tertentu, kalau ada dinamika maka harus ada diintervensi. Salah satunya pasar pahing di Kota Kediri. Kita melihat bahwa di berbagai daerah di pasar, hari ini kita masih mengalami kelangkaan bawang putih. Itu hari ini, kita sudah ada operasi pasar di tiga titik, untuk bawang putih," tutur dia. 

Meski ada sejumlah komoditas kebutuhan yang mengalami kenaikan, di antaranya telur. Namun, ia menegaskan jika ketersediaan stok masih mencukupi.

"Stok menjelang bulan ramadhan masih cukup. Apakah bawang merah, apakah telur, apakah daging sapi, ayam. Tetapi permintaan mengalami peningkatan sehingga ada kenaikan pada bahan pokok tertentu misalnya telur, kemudian daging ayam," kata dia. 

Meski harga bawang putih saat ini naik. Pemerintah Provinsi Jawa Timur masih tetap optimis, harga bawang putih akan kembali normal.

"Insya Allah minggu depan, sudah akan turun. Bawang putih oleh pemerintah diimpor, sehingga untuk masyarakat Jawa Timur saya ingin menyampaikan insyah allah pada minggu ke dua bulan Mei ini harga bawang putih akan kembali normal," ucap dia. 

Khofifah menilai, hari ini komoditas sayuran jenis bawang putih mengalami kenaikan psikologis, dipengaruhi jumlah permintaan konsuman yang cukup tinggi terutama menjelang Ramadan. 

"Maka telur mengalami kenaikan rata - rata satu sampek dua ribu. Kemudian daging ayam mengalami kenaikan seribu sampai dua ribu. Harga ayam tertinggi dipasar pahing, per kilo 32 ribu," ujar dia. 

Ia berharap, ketersediaan kebutuhan pokok yang mencukupi saat ini dapat diimbangi dengan proses pengawasan yang bagus. Dengan begitu harga kebutuhan pokok tidak akan melampaui harga eceran tertinggi.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping http://bit.ly/2VczBEx

No comments:

Post a Comment