Pages

Saturday, May 4, 2019

Hari Pers Sedunia, Dubes Inggris Soroti Soal Berita Palsu

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya pada tanggal 3 Mei, negara-negara di dunia memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia atau Hari Pers Sedunia, yang mana ditetapkan oleh Majelis Umum PBB.

Dalam kesempatan kali ini, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Moazzam Malik, berkomentar bahwa media memainkan peran penting di dalam sistem pemerintahan dari sebuah negara.

“Peran media sangat penting untuk meningkatkan kinerja dalam hal demokrasi, pers yang bebas-aktif, yang berfokus pada fakta-fakta, bukan hoaks,” ujar Dubes Moazzam saat menghadiri acara World Press Freedom Day di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Ia menambahkan, para pemburu berita harus bisa menjaga perdamaian, memastikan kemajuan sosial, meningkatkan nilai-nilai demokrasi, melawan para koruptor, dan memastikan kebijakan pemerintah yang sesuai dengan kepentingan rakyat.

“Jadi kami berpikir bahwa peran pers sangat penting untuk sebuah negara yang berpotensi untuk mencapai masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

Di Inggris, dalam hal kebijakan luar negeri, pemerintahan di sana selalu berfokus pada isu-isu hak asasi manusia. Bila ada kejadian seperti wartawan dipenjara atau dipersekusi, otoritas setempat selalu mengedepankan dialog dan selalu siap berdiskusi atas isu seperti ini, kata Moazzam.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping http://bit.ly/2H2xk6g

No comments:

Post a Comment