Pages

Thursday, May 16, 2019

Jadwal Imsak Hari Ini Jum’at 17 Mei 2019 dan Waktu Mustajab untuk Berdoa Saat Ramadan

Saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, keberkahan dilimpahkan oleh Allah SWT. Setiap amalan yang dilakukan seorang Muslim akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Salah satu amalan yang sangat mudah dilakukan adalah berdoa. Meski ringan, doa saat Ramadan bisa terkabul.

Namun demikian, ada waktu-waktu tertentu yang mustajab untuk berdoa. Kalau kamu berdoa di waktu-waktu ini, InsyaAllah doa terkabul.

Waktu pertama yaitu ketika sahur. Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menyebut doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan. Dasarnya adalah riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah RA.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, 'Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni'."

Waktu kedua yaitu saat berpuasa di siang hari. Imam Nawawi dalam Al Majmu' Syarh Al Muhadzdzab menjelaskan dianjurkan orang yang berpuasa memperbanyak doa demi urusan dunia dan akhirat, hajat yang diinginkan, serta untuk kebaikan kaum muslimin.

Sedangkan waktu ketiga yaitu saat buka puasa. Hadis riwayat Ahmad dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Tiga orang yang doanya tidak tertolak, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi."

Dalam kitab Tuhfaz Al Ahwadzi dijelaskan doa dikabulkan ketika berbuka sebab orang telah menyelesaikan puasa dalam keadaan tunduk dan rendah diri.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping http://bit.ly/2w31Mac

No comments:

Post a Comment