Pages

Wednesday, September 26, 2018

Selain Mobil Presiden, Kendaraan Ini Juga Dapat Prioritas di Jalan

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang memperlihatkan pengemudi Suzuki Ignis yang nekat menabrak polisi, dan juga menerobos konvoi Presiden RI tengah viral di media sosial. Akibat aksi nekatnya tersebut, pengemudi wanita berinisial A ini harus rela dijadikan tersangka.

Dijelaskan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Perempuan tersebut diduga telah lalai mengemudikan kendaraan sehingga menyebabkan seorang anggota patwal terluka.

"Yang bersangkutan kita kenakan UU Lalu Lintas pasal 311 jo 310. Karena dia mengendarai dengan kelalaiannya menyebabkan orang luka," jelas Kombes Argo, seperti dilansir dari laman resmi NTMC Polri, Rabu (26/9/2018).

Sebenarnya, di jalan raya memang ada beberapa kendaraan yang mendapatkan prioritas seperti rombongan Presiden RI ini. Hal tersebut, tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 134.

Pengguna Jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan sesuai dengan urutan berikut:

a. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;

b. Ambulans yang mengangkut orang sakit;

c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan padaKecelakaan Lalu Lintas;

d. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;

e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;

f. Iring-iringan pengantar jenazah; dan konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2OcSlj7

No comments:

Post a Comment