Pages

Tuesday, April 2, 2019

Kenali Tanda-Tanda Depresi Usai Melahirkan

Liputan6.com, Jakarta Sepekan yang lalu, publik dibuat kaget dengan tindakan seorang ibu asal Purwakarta, Jawa Barat yang mengubur bayinya hidup-hidup. Menurut sang suami, W mengalami depresi saat usia kandungannya masih tujuh bulan. Polisi juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap W, hasilnya diduga wanita ini mengalami depresi.

Terkait kasus ini, psikolog Klinik Terpadu Psikologi UI Depok Anna Surti Ariani mengatakan bahwa sang ibu tidak bisa disalahkan begitu saja. Perlu dilakukan pemeriksaan dan pendampingan untuk sang ibu dan keluarganya.

"Perlu pemeriksaan lebih lanjut. Yang menegakkan diagnosisnya adalah psikolog atau psikiater, lewat beberapa pemeriksaan,” kata perempuan yang karib disapa Nina lewat pesan singkat, Selasa (02/04/2019).

Jika memang benar W mengalami depresi pascamelahirkan, hal ini dialami sekitar 10-15 persen ibu yang baru melahirkan. Penting bagi keluarga mengenali tanda-tanda yang dicurigai adanya masalah kejiwaan pada ibu yang baru melahirkan. Diantaranya:

- Kehilangan minat untuk berbagai hal

- Kehilangan nafsu makan

- Sangat mudah lelah dan tak bermotivasi

- Susah tidur atau terlalu banyak tidur

- Merasa tak berharga

- Sulit konsentrasi, mudah lupa

- Tak tertarik pada bayinya, kadang menyesal dan salahkan bayi

- Tak tertarik berhubungan seks

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Ux2ZVb

No comments:

Post a Comment