Pages

Monday, September 24, 2018

Tak Diunggulkan, Kelompok Oposisi Justru Menang Pemilu Maladewa

Liputan6.com, Male - Kandidat oposisi Ibrahim Mohamed Solih telah memenangkan pemilihan presiden Maladewa, yang menyisakan kekalahan mengejutkan Presiden Abdulla Yameen.

Solih meraih 134.616 suara untuk mengalahkan Yameen, yang hanya menerima 96.132, hasil sementara menunjukkan.

Yameen, yang telah dituduh menghancurkan perbedaan pendapat di negara kepulauan atol itu mengaku kalah, dan mengatakan telah menerima hasil pemilu dengan lapang dada.

Dikutip dari BBC pada Senin (24/9/2018), Maladewa merupakan medan pertempuran utama dalam persaingan antara China dan India, khususnya di wilayah Samudera Hindia sebagai jalur pelayaran terpadat di dunia.

Amerika Serikat (AS) dan India menyebut kemenangan Solih layaknya sebuah kemenangan, karena berhasil memperkecil pengaruh China di belakang Yameen sejak beberapa tahun terakhir.

Sebagai bagian dari dorongan China untuk mendapatkan pengaruh strategis di rute perdagangan baru di Samudera Hindia dan sekitarnya, Beijing telah meminjamkan dana miliaran dolar untuk proyek infrastruktur besar di Pakistan dan Sri Lanka, dan mengoperasikan pelabuhan-pelabuhan utama di negara-negara itu --termasuk Maladewa-- untuk membuat marah India.

Di bawah pemerintahan Yameen, Maladewa disebut turut menerima uang China untuk proyek-proyek besar, sekaligus menandatangani perjanjian perdagangan bebas dengan Negeri Tirai Bambu.

Disebutkan pula bahwa kini lebih banyak turis dari China mengunjungi Maladewa daripada dari negara lain.

Sebelum pemungutan suara, para analis mengatakan bahwa Beijing takut ada perubahan dalam pemerintahan yang dapat mempengaruhi kepentingannya.

India, sementara itu, dipandang lebih memilih oposisi, karena kekhawatirannya tentang hubungan solid antara Yameen dengan pesaing regional terbesarnya, China.

Simak video pilihan berikut: 

Sebuah resort di Maladewa menawarkan tempat yoga di bawah laut dengan pemandangan luar biasa indah.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2xvkCYD

No comments:

Post a Comment