Pages

Thursday, January 10, 2019

Negara Kaya Minyak Jatuh Miskin, Ini 5 Gambaran Krisis Ekonomi di Venezuela

Venezuela merupakan negara kaya karena memiliki salah satu cadangan minyak terbesar di dunia.

Tetapi ketergantungan yang berlebihan pada minyak - yang menyumbang sekitar 95 persen dari total pendapatan ekspornya - membuat negara itu terperosok ketika minyak anjlok pada 2014.

Ini berarti Venezuela dihadapkan dengan kekurangan mata uang asing, yang membuatnya sulit untuk mengimpor barang pada tingkat yang sama seperti sebelumnya, dan barang-barang impor menjadi lebih langka.

Hasilnya: bisnis menaikkan harga dan inflasi naik.

Ditambah lagi dengan kesediaan pemerintah untuk mencetak uang tambahan dan secara teratur menaikkan upah minimum, dalam upaya untuk mendapatkan kembali popularitas dengan kaum miskin Venezuela. Namun, itu justru menyebabkan uang kehilangan nilainya dengan cepat.

Pemerintah juga semakin berjuang untuk mendapatkan kredit setelah gagal dalam beberapa obligasi pemerintahnya.

Dengan kreditor menarik investasi di Venezuela, pemerintah sekali lagi mengambil untuk mencetak lebih banyak uang, membuat mata uang venezuelan bolifar semakin rusak nilainya dan memicu inflasi.

Pemerintah memutuskan untuk meluncurkan mata uang baru, "bolivar berdaulat", mengambil lima nol dari ujung mata uang "bolivar" lama dan menghubungkannya dengan mata uang kripto, petro, pada Agustus 2018.

Itu juga mulai mengedarkan delapan uang kertas baru senilai: dua, lima, 10, 20, 50, 100, 200 dan 500 "bolivar berdaulat" dan dua koin baru.

Di antara langkah-langkah baru lainnya adalah: menaikkan upah minimum menjadi 34 kali dari level sebelumnya; membatasi subsidi bahan bakar Venezuela bagi mereka yang tidak memiliki "Fatherland ID"; dan menaikkan PPN sebesar 4 persen hingga 16 persen.

Apakah ini berhasil? Tampaknya tidak, karena, mata uang terus turun dan kenaikan upah minimum lebih lanjut harus diperkenalkan, yang mengarah ke pertanyaan tentang seberapa efektif kebijakan itu.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping http://bit.ly/2FkZZnw

No comments:

Post a Comment